Silabus Mata Kuliah Tafsir Tarbawi
TA. 2015/2016
Mata
Kuliah : Tafsir
Tarbawi
Dosen
Pengampu : Awan Mulyadi,
M.Pd.I
Kode : MKKU/II/2016
Jurusan
: Tarbiyah
Program
Studi : Pendidikan Agama Islam
Program
: Strata Satu (S-1)
Bobot
: 2 sks
Kompetensi
Dasar
Mahasiswa
mampu menghafal, memahami, menuliskan dan menerapkan ayat-ayat al-Qur’an yang
berkenaan dengan pendidikan.
Indikator
Kompetensi
Mahasiswa
diharapkan mampu:
1.
Menghafal, Menuliskan dan Menjelaskan tentang ayat-ayat tentang
Kewajiban belajar dan mengajar sebagaimana terdapat dalam ayat-ayat berikut.
QS.
Al-Alaq/96: 1-5
QS.
Al-Ghasyiyah/ 88 :17-20
QS.
Ali Imron/3: 190-191
QS.
Al-Taubat/9:122
QS.
Al-Ankabut/29:19-20
2
Menghafal, menuliskan dan menjelaskan tentang ayat-ayat tentang
Tujuan Pendidikan seperti dalam ayat-ayat berikut.
QS.
Ali Imron/3: 138-139
QS.
Fath/48: 29
QS.
Al-Haj/22:41
QS.
Al-Dzariyat/51: 56
QS.
Hud/11: 61
3.
Menjelaskan dan menghafal serta menuliskan tentang Subyek Pendidikan berdasar
penafsiran ayat.
QS.
Al-Rahman/55: 1-4
QS.
Al-Najm/53: 5-6
QS.
Al-Nahl/16: 43-44
QS.
Al-KAhfi/18: 66
4.
Menjelaskan tentang Obyek Pendidikan berdasar pemahaman terhadap tafsir ayat.
QS.
Tahrim/66: 6
QS.
Al-Syu’ara/26:214
QS.
Al-Taubah/9: 122
QS.
Al-Nisa/4: 170
5.
Menidentifikasi Metode Pendidikan yang tepat berdasar pada penjelasan.
QS.
Al-Maidah/5: 67
QS.
Al-Nahl/16: 125
QS.
Al-A’raf/7: 176-177
QS.
Ibrahim/14: 24-25
6.
Menjelaskan Fungsi Al-Qur’an sebagai pedoman hidup sekaligus dasar
penyelenggaraan pendidikan berdasar pada penafsiran ayat.
QS.
Al-An’am/6: 91-92
QS.
Al-BAqarah/2: 1-5, 97, 185
QS.
Ali Imron/3: 7, 164
QS.
Al-Isra’/17: 9, 82
7.
Mengidentifikasi Potensi-potensi/keunggulan manusia yang perlu dikembangkan
lewat pendidikan sebagaimana dijelaskan dalam ayat-ayat berikut.
QS.
Al-Baqarah/2: 30-39
QS.
Al-Isro’/17: 70
QS.
Al-Ra’d/13: 11
8
Mendeskripsikan Materi pendidikan yang paling diprioritaskan untuk menjadi landasan
dalam membangun jiwa anak didik; seperti dituangkan dalam QS. Luqman/31: 12-19
9.
Mengidentifikasi dan Menyimpulkan tentang kelemahan-kelemahan dalam diri
manusia berdasar penafsiran;
QS.
Al-Ma’arij/70: 19-27
QS.
Al-Rum/30: 54
QS.
Yasin/36: 77
QS.
Al-Ahzab/33: 72
QS.
Al-Balad/190: 4-8
QS.
Al-Nisa/4: 28-29
10.
Mengidentifikasi dan Membedakan antara lingkungan pendidikan yang baik maupun
yang buruk berdasar penafsiran ayat.
QS.
Ali Imron/3: 110
QS.
Al-Isra’/17: 16-17
QS.
Hud/11: 100-101
11.
Menyimpulkan tentang tanggung jawab orang tua dalam mendidik anak berdasar
penafsiran ayat.
QS.
Al-Tahrim/66: 6
QS.
Al-Nisa/4: 9
12
Menjabarkan dan mengklasifikasikan tentang Ilmu Pengetahuan berdasar ayat.
QS.
Al-Mujadalah/58: 11
QS.
Fath/35: 27-28
QS.
Al-Nahl/16: 79
QS.
Al-Mulk/67: 1-5
Topik
Inti
1.
Ayat-ayat tentang Kewajiban belajar dan mengajar sebagaimana berikut:
QS.
Al-‘Alaq/96: 1-5
QS.
Al-Ghasyiyah/ 88 :17-20
QS.
Ali Imron/3: 190-191
QS.
Al-Taubat/9:122
QS.
Al-Ankabut/29:19-20
2
Ayat-ayat tentang Tujuan Pendidikan seperti berikut:
QS.
Ali Imron/3: 138-139
QS.
Fath/48: 29
QS.
Al-Haj/22:41
QS.
Al-Dzariyat/51: 56
QS.
Hud/11: 61
3.
Ayat-ayat yang berbicara tentang Subyek Pendidikan berdasar penafsiran ayat:
QS.
Al-Rahman/55: 1-4
QS.
Al-Najm/53: 5-6
QS. Al-Nahl/16:
43-44
QS.
Al-KAhfi/18: 66
4.
Ayat-ayat yang berbicara tentang Obyek Pendidikan berdasar pemahaman terhadap
tafsir ayat:
QS.
Al-Tahrim/66: 6
QS.
Al-Syu’ara/26:214
QS.
Al-Taubah/9: 122
QS.
Al-Nisa/4: 170
5.
Ayat-ayat tentang Metode Pendidikan yang tepat;
QS.
Al-Maidah/5: 67
QS.
Al-Nahl/16: 125
QS.
Al-A’raf/7: 176-177
QS.
Ibrahim/14: 24-25
6.
Al-Qur’an sebagai pedoman hidup sekaligus dasar penyelenggaraan pendidikan:
QS.
Al-An’am/6: 91-92
QS.
Al-BAqarah/2: 1-5, 97, 185
QS.
Ali Imron/3: 7, 164
QS.
Al-Isra’/17: 9, 82
7.
Ayat-ayat yang berbicara tentang Potensi-potensi/keunggulan manusia yang perlu
dikembangkan lewat pendidikan seperti berikut.
QS.
Al-Baqarah/2: 30-39
QS.
Al-Isro’/17: 70
QS.
Al-Ra’d/13: 11
8
Ayat-ayat tentang Materi pendidikan yang paling diprioritaskan untuk menjadi
landasan dalam membangun jiwa anak didik; seperti QS. Luqman/31: 12-19
9.
Ayat-ayat yag menjelaskan tentang kelemahan-kelemahan dalam diri manusia
seperti ayat;
QS.
Al-Ma’arij/70: 19-27
QS.
Al-Rum/30: 54
QS. Yasin/36:
77
QS.
Al-Ahzab/33: 72
QS.
Al-Balad/190: 4-8
QS.
Al-Nisa/4: 28-29
10.
Ayat-ayat tentang lingkungan pendidikan yang baik maupun yang buruk
seperti ayat;
QS.
Ali Imron/3: 110
QS.
Al-Isra’/17: 16-17
QS.
Hud/11: 100-101
11.Ayat-ayat
yag berbicara tentang tanggung jawab orang tua dalam mendidik anak seperti
ayat;
QS.
Al-Tahrim/66: 6
QS.
Al-Nisa/4: 9
12
Tentang Ilmu Pengetahuan seperti dalam ayat;
QS.
Al-Mujadalah/58: 11
QS.
Fath/35: 27-28
QS.
Al-Nahl/16: 79
QS.
Al-Mulk/67: 1-5
Referensi
Ibnu
Katsir, Tafsir Ibnu Katsir
Syaikh
al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi
Syaikh
Imam Jalaluddin al-Mahalli dan Syaikh Imam Jalaluddin al-Suyuti, Tafsir
Jalalain
M.
Quraisy Syihab, Tafsir al-Misbah
Dr.
Ahmad Munir, Tafsir Tarbawi
Atau
buku lain yang relevan (tafsir tarbawi)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar